•  
  • Pondok Pesantren Al-Hakam
Rabu, 02 Maret 2011 - 17:25:42 WIB
Para Pecinta Rasulullah Saw
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Religi - Dibaca: 3471 kali

Allah Swt berfirman :Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. (3) Ali Imron : 31)

Kita semua kaum muslimin tentu saja mencintai Rasulullah Saw. Kecintaan kita terhadap beliau Saw dibuktikan dengan mengikuti laku lampah beliau. Dan laku lampah itu kita ikuti karena dengan segala keyakinan yang tertanam dalam diri kita bahwa itu adalah sebagai bukti cinta kita kepada Allah Swt dan dengan seperti itu semoga secara otomatis Allah Swt akan mengampuni dosa-dosa kita.

Kadar kita mengikuti Rasulullah Saw tentu saja dengan kadar yang sangat beragam, karena memang sangat sulit untuk menjadi orang taat seperti Rasulullah Saw, tapi walaupun seperti itu, di saat beliau masih hidup, banyak sahabat-sahabat yang sangat mencintai Rasulullah Saw. Pertanyaan yang muncul pada kajian ini adalah bagaimana para sahabat Rasul merindukan dan mencintai beliau di saat beliau sudah menghadap Yang Maha Kuasa ??.

Sahabat Abu Bakar diberitakan oleh Aisyah RA, bahwa di saat kematian menghampiri beliau, bertanyalah beliau kepada putrinya , “hari apa ini ? “ saat itu tepat hari senin, maka Aisyah menjawab “ Hari senin”, Abu Bakar RA menyatakan : “kalau aku mati pada hari ini, maka jangan kau menunggu aku sampai besok, karena hari dan malam yang paling aku cintai adalah wafat di hari dan malam yang dekat dengan wafatnya Rasulullah Saw.

Sungguh luar biasa kecintaan Abu Bakar terhadap Rasulullah, sampai wafatnya pun ingin dekat dekat hari di mana Rasulullah wafat. Ini bisa menjadi sebuah pelajaran untuk kita kalau kondisi kita seperti Abu Bakar, bisakah kita berlapang untuk mengikhlaskan umur kita kepada Allah Swt?, siapkah kita berprinsip seperti Beliau.

Ada suatu cerita tentang Abu bakar juga di saat Rasulullah Saw baru meninggal, di saat itu Abu Bakar berkunjung ke rumah putrinya (Istri Rasul Saw) dan bertanya kepadanya :” Wahai anakku, amalan apa yang Rasulullah kerjakan dan belum aku kerjakan? “ Aisyah menjawab : “Ada wahai ayahku” , Abu bakar balik bertanya :”apa itu ? “ “Rasulullah Saw setiap habis subuh beliau pergi ke pasar untuk member makan seorang yahudi buta “ Abu bakar mendengar cerita anaknya, seketika itu pula langsung pergi ke pasar dan mencari pengemis yahudi buta dan memberinya makan, saat dia menyuapi yahudi buta itu tiba yahudi itu mengatakan “kasar amat kau memberi makan kepadaku, seperti yang kemaren dong” sepontan Abu Bakar menangis karena di dalam hatinya dia merasa bahwa orang yang kemaren itu adalah Rasulullah Saw, dia ahirnya menjawab: “Orang yang kemaren sudah meninggal”, pengemis itu terkejut dan tentu saja bertanya :”siapa dia” Abu bakar menjawab “dia Muhammad” Muhammad siapa ?” Tanya pengemis buta itu, Abu Bakar menjelaskan :”Dialah Muhammad Saw” yahudi buta itu sesaat terkejut dan bengong sehingga berkata dalam hatinya : “berarti orang yang sementara ini memberi makan kepadaku itulah orang yang aku benci dan aku caci” , yahudi itu kemudian masuk Islam di tangan sahabat Abu Bakar RA.

Untuk yang kedua kalinya kita membaca tentang bagaimana kecintaan Sahabat Abu Bakar terhadap Rasulullah Saw di saat beliau sudah meninggal, untuk yang kedua  ini pun tentu kita semestinya bertanya pada diri kita, kalau kita sementara ini mengaku ummat Nabi Saw, kita bersholawat kepadanya,kita merasa mencintainya, pertanyaannnya pernahkah kita mentafakkuri amalan kita setiap hari ?  atau mungkin seperti Abu Bakar RA yang mencari Amalan yang sudah dikerjakan Rasulullah Saw, tapi belum pernah kita kerjakan ????.

Kita lihat sekarang sahabat terdekat Rasulullah yang lain, yaitu Umar bin Khottob.Bagaimana perilaku beliau di saat Rindu dengan Rasulullah Saw padahal beliau sudah berpulang menghadap Allah Swt ?

Di suatu malam sebagaimana yang sering kita dengar , Umar RA keluar rumah, tiba-tiba beliau mendengar rintihan suara seorang perempuan yang sedang bersyair atau berdendang dengan sebuah syair yang berisi luapan rindu dengan Rasulullah Saw, ketika ia mendengarkan syair itu ternyata di akhir syairny perempuan itu mengatakan :” Apakah Engkau (Allah Swt) akan mengumpulkan aku dan kekasihku Muhammad Saw di syurga?”, umar yang saat mendengarkan syair itu sudah ada dibalik pintu rumah perempuan tua itu, langsung lemas dan gemetar sehingga badannya terjatuh dan menjatuhi pintu itu. Perempuan itu tentu bertanya : “siapa itu ? “ umar menjawab “ Aku Umar “ . perempuan tadi kemudian keluar dari rumahnya, dan membangunkan Umar RA.

Sungguh luar biasa kecintaan Umar terhadap  Rasulullah Saw, mendengar syair tentang Rasulullah Saw saja dia lemas dan terjatuh. Nah sekarang mari kita bertanya kepada diri kita masing-masing. “pernah tidak sih kita lemas dan jatuh karena mendengar shalawat atau pujian terhadap Rasulullah Saw????”.

 

 



100 Komentar :

putri chandra wulan
05 Maret 2011 - 19:55:11 WIB

subhanallah .........
Hawe
25 April 2011 - 12:15:02 WIB

Pak ustadz, tolong bimbing kami agar bisa lebih dekat ke Rosullulloh SAW.
Syahrul Ghifari
08 Agustus 2011 - 14:45:33 WIB

Subhanallah , seharusnya kita juga harus lebih meningkatakan kecintaan kita kepada rasulullah SAW ..
Khairu Umam
26 Oktober 2011 - 15:24:00 WIB

tolong di update lagi pak webnya,sprtinya ini udh lama gak di perbaharui .. mksh dan brmnfaat
Faliq Awang
24 Maret 2012 - 16:53:31 WIB

Rasulullah adalah pemimpin yang tidak egois dan selalu mengayomi umatnya. Wajar jika beliau selalu dicintai oleh umatnya, khususnya sahabat Abu Bakar.
Ada dua kata menarik; mencintai dan dicintai. Jika ingin dicintai, maka mencintailah. :D
konsumen cerdas telah paham perlindungan konsumen
04 April 2013 - 14:01:54 WIB

Ijin exist bank.. makasih ya...
Commercial Cleaning Seattle
15 April 2013 - 09:47:37 WIB

Perkenankan untuk menyapa semua yang hadir di website anda,,,Assalamu'alaikum !
Regional UK Web Directory
01 Mei 2013 - 05:26:44 WIB

Disini sebagai wadah untuk saling berinteraksi antara admin dan pengunjung atau pembaca yang hadir di situs ini. Silakan berkomentar dan saling menyapa, menyampaikan aspirasi, uneg-uneg dan juga promosi apa yang kita ketahui biar sama-sama saling membantu. Terima kasih untuk admin dan seluruh pembaca
Stansted Taxi
05 Mei 2013 - 07:21:39 WIB

Malam pak !. semoga kabar baik selalu ada pada anda. Artikelnya bagus-bagus dan saya senang dapat berkunjung kesini. Dapat pengalaman baru dan info menarik. Nah, harapan saya, tolong muat info tentang ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Pokoknya saya akan selalu tunggu update terbaru dari anda,sukses selalu.
Become A Certified Nursing Assistant Training
08 Mei 2013 - 21:35:10 WIB

thanks…laman neh betol2 berguna n menambah wawasan pd stiap yg membacanyaa…..
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 10 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)