•  
  • Pondok Pesantren Al-Hakam
Minggu, 27 Februari 2011 - 14:56:07 WIB
Nama Nabi Muhammad Saw dalam Al-Qur'an
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Religi - Dibaca: 17589 kali

Nama Muhammad Saw disebutkan dalam Al-Qur’an dengan dua jenis sebutan  yaitu Muhammad dan Ahmad . Sebutan Nabi dengan nama Muhammad terulang  4 kali, sedangkan Ahmad hanya disebutkan satu kali .

Kalau mengamati nama Nabi Saw, maka sebenarnya akar katanys  terambil dari kata حَمَّدَ.kata itu disusun dengan 4 huruf yaitu, kha, mim(sukun), mim (fathah)dan dal .ketika menghitung nama Nabi dengan Muhammad Saw terulang sampai 4 kali sungguh ini berarti tepat dengan jumlah huruf dari akar katanya. Tapi walaupun seperti itu Nabi juga disebutkan dalam Al-Qur’an dengan nama Ahmad dan itu terulang hanya satu kali. Tepatnya 4 di tambah 1 jumlahnya 5 itu juga berarti sesuai dengan jumlah huruf nama beliau ketika ditulis dengan bahasa Arab yakni محمد , mim (dommah), kha (fathah), mim (sukun), mim(fathah) dan dal (sukun).

Nama Muhammad dalam Al-Qur’an dapat kita temui dalam 4 ayat sebagai berikut

1.    Q.s. Ali imron ayat 144,

2.     Q.S. Al-Ahzab ayat 40

3.     Q.S. Muhammad ayat 2

4.     Q.S. Al-Fath ayat 29

Dan nama sebutan Ahmad untuk Nabi Saw dapat di baca dalam surat As-Shaf ayat 6  yang artinya :  dan (ingatlah) ketika Isa Ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, Sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, Yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)."

Baik kata Ahmad atau Muhammad sebenarnya artinya sama yaitu yang dipuji atau terpuji. Terpujinya Rasulullah Saw dalam Al-Qur’an sangat kentara di saat kita melihat ayat-ayat yang mencantumkan panggilan Allah Swt kepada para Nabi-Nya.

Bisa di lihat dalam Surat Al-Baqarah ayat 35 ketika Allah Swt memanggil Nabi Adam AS : “ dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu Termasuk orang-orang yang zalim.” Bisa juga di lihat dalam dalam Surat Hud ayat 76 ketika Allah Swt memanggil Nabi Ibrahim As bapak para Nabi : “ Hai Ibrahim, tinggalkanlah soal jawab ini, Sesungguhnya telah datang ketetapan Tuhanmu, dan Sesungguhnya mereka itu akan didatangi azab yang tidak dapat ditolak”. Kita bisa melihat bagaimana Allah Swt memanggil Nabi Musa As yang ada dalam Surat Al-Baqarah ayat 55 : “ dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, Kami tidak akan beriman kepadamu sebelum Kami melihat Allah dengan terang, karena itu kamu disambar halilintar, sedang kamu menyaksikannya". Apabila  masih penasaran coba buka lagi surat Ali Imron ayat 55 yang menerangkan bagaimana Allah Swt memanggil nama Nabi Isa : “(ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, Sesungguhnya aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya". Persis semua nama nabi yang tersebut dalam ayat-ayat di ketika di panggil langsung namanya.

Bagaimana ketika Allah Swt memanggil Nama Nabi Muhammad Saw ? , inilah yang membuat kagum penulis, tidak satupun ayat yang mencantumkan panggilan Pimpinan kita itu menggunakan kedua namanya yakni Muhammad dan Ahmad, Tapi Allah Swt memanggilnya dengan kata “ Wahai Nabi , Wahai Rasul , Wahai Orang Berselimut” dan lain-lain. Secara kasad  mata penulis, ini bukti bahwa beliau sangat dipuji dan di cintai oleh Allah Swt sebagaimana arti nama beliau terpuji dan atau dipuji.

Bahkan dalam Al-Qur’an Surat Annur Ayat 63 Allah Swt melarang siapapun dari sahabat-sahabat Nabi Saw untuk memanggil beliau dengan menyebutkan namanya, sepertinya sangat tidak suka kalau kekasihnya itu di samakan panggilannya dengan yang lain. mari kita lihat terjemahan ayat itu : “ janganlah kamu jadikan panggilan Rasul di antara kamu seperti panggilan sebahagian kamu kepada sebahagian (yang lain).

Sungguh sebagai hamba yang ingin disebut dan dimasukkan ummat  Rasul Saw merasa sangat kagum yang tiada tara, Ya Allah Kau Maha Agung, Maha Perkasa, Maha Bijaksana, Terimakasih Ya Allah Kau telah berikan kepada Kami Pemimpin yang dapat kami idolakan dunia dan akhirat. Semoga tulisan ini dapat menjadi amal yang akan menjadi sababiah Engkau mengizinkan syafaat Nabi MU kepada hambamu yang faqir ini Ya Allah, Amin.

 



408 Komentar :

omlugus
20 Mei 2011 - 09:31:50 WIB

Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad
omlugus
20 Mei 2011 - 09:32:22 WIB

Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad
Download Game Gratis
09 Desember 2011 - 20:07:06 WIB

Subhanallah...
Allohummasholli'Ala sayyidina Muhammad...
Semoga kita mendapat syafaatul udhma.nya besok di Yaumul Akhir...
Amin...
Gold G Sea Cucumber
21 Januari 2013 - 15:57:33 WIB

menairk sekali gan infonya ! terima kasih sudah berbagai ! :) salam kenal ja
Garage Doors Seattle
20 Mei 2013 - 22:28:25 WIB

Ada jutaan website di internet. Tapi, saya tidak tau kenapa pada saat berkunjung kesini, saya merasa sangat terkesan. Terutama dengan tema situsnya yang super keren abieezz
volleyball drills currently
18 Juni 2013 - 18:45:59 WIB

makasih infonya

Volleyball Drills
15 Juli 2013 - 05:13:04 WIB

makasih infonya

Timbangan
02 Agustus 2013 - 11:22:03 WIB

The Birch of the Shadow
spanish naati translation
10 Agustus 2013 - 19:07:57 WIB

makasih infonya sangat bermanfaat
Virility Ex
20 September 2013 - 06:21:58 WIB

Ada yang pengen punya "barang" besar nan kuat? Coba produk kami yang satu ini wekekeke...
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 41 | Next > | Last >>

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)